Nama : yandi jahya
NPM : 5c414350
Kelas : 3IA22
Penulisan : 3
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Rifki Amalia
PENJELASAN
TENTANG DESAIN SKENARIO, SCRIPT DALAM PEMBUATAN GAME
Seiring
perkembangan zaman teknologi kini semakin canggih. Tak luput juga perkembangan
game, sudah banyak game game bertaraf HD dimana tampilan grafik terlihat sangat
real. Yaapp!! memang butuh spefisikasi komputer atau laptop yang tidak kecil
dimana tentunya hal itu juga cukup merogoh kantong dalam dalam. Namun untuk
seorang gamers hal itu bukanlah masalah asalkan game yang ditawarkan worth it
Dalam post kali ini bukan hal itu yang
ingin saya bahas, namun untuk menarik banyak peminat gamers diseluruh dunia
bukan hanya grafik saja yang dibutuhkan. Namun pentingnya Desain skenario,
Script dan Storyboard Game. Mungkin beberapa dari kali ada yang belum mengerti
tentang ketiga aspek tersebut, oke akan saya jelaskan satu per satu.
Namun sebelum kita membahas
ketiga aspek tersebut ada kalanya kita mengetahui Design, yap ketiga aspek tersebut tidaklah
luput dari desain. Desain atau Design merupakan perencanaan dalam pembuatan
sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Desain merupakan sebuah konsep
tentang sesuatu. Seorang perancang atau orang yang mendesain sesuatu disebut
desainer, namun desainer lebih lekat kaitannya dengan profesional yang bekerja
dilingkup desain yang bekerja untuk merancang sesuatu yang menggabungkan atau
bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi. Penggunaan istilah design atau
desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan)
serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan
kriya.
Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu
pola pikir untuk membentuk ekspresi murni yang cenderung fokus pada nilai
estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian
sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya
menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri
secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya
digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi,
rekayasa dan lain-lain. Dalam membuat sebuah desain semua berawal dari minat
sang desainer(perancang) untuk memilih menciptakan ilustrasi berupa foto,
gambar, tulisan atau biasa di sebut dengan sketsa.
Desain
Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa
terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film
adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau
lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah
game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan
kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi
kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor,
pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan
program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya
masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari
adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah
gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang
direncanakan.
Ditambah lagi, berbeda dengan skenario,
tidak bisa secara pasti ditentukan, dokumen apa saja yang akan ditemukan dalam
design documents, karena itu tergantung pada gaya game yang akan dibuat. Hampir
sama seperti pembuatan film dimana penulis skenario pertama-tama menulis tema,
kalau ada produser yang berminat, penulis skenario membuat sinopsis, dan
setelah mendapat persetujuan produser, baru skenario dibuat, begitu juga
prosesnya dalam merencanakan suatu judul game komputer. Temanya dibuat dulu,
kemudian konsep dan akhirnya design documents disusun. Gambaran seperti ini adalah
kondisi yang ideal, tidak semua pengembang melalui proses ini, walaupun hal itu
patut disayangkan. Cukup rumit bukan? Serupa namun tak sama hehe.
Konsep
seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis besar tentang cerita,
prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk gameplay. Karena itu
konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka peraturan, sinopsis
cerita (kalau ada cerita), karakteristik game, contoh misi, atau
situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi perangkat pengguna atau
ada eek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik yang menjadi andalan
pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya dicantumkan daftar unsur yang unik
dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa dijadikan daya jual tinggi bagi
judul tersebut. Konsepnya biasanya ditulis setebal 5-10 halaman. Kalau konsep
sudah diterima, artinya sudah disetujui produser, dinilai positif oleh tim dan
sebagainya, desainer game mulai menulis dengan documents.
Dokumen ini tidak
baku, selama pengembangan bisa dimodifikasi atau diperbarui. Itu tidak berarti
bahwa design document tidak perlu dibuat lengkap dan serius. Seperti dalam
kalimat pembuka, semuanya perlu dipertimbangkan dan direncanakan dengan teliti,
kalau tidak, pekerjaan tim bisa mengalami banyak masalah. Apasaja yang tidak
direncanakan dengan baik akan menyebabkan kerugian waktu dan biaya dalam
pelaksanaan proyek. Tentu saja tidak segalanya bisa direncanakan sebelumnya,
tetapi menurut teori 80/20, sekitar 80% pekerjaan bisa berjalan sesuai
rencana.
Tidak ada patokan
umum apa saja yang harus menjadi bagian design documents, karena ada banyak
perbedaan tergantung proyeknya. Tetapi dalam satu hal semua dokumen sama, harus
mendeskripsikan game secara kompleks maupun mendetail. Setelah membaca design
document, anda seharusnya memiliki gambaran lengkap tentang produk akhir. Salah
satu dokumen biasanya menjelaskan mekanisme game. Sebagai bagiannya, misalkan
untuk RPG dan strategi, adalah peraturan yang menentukan dan mendiskripsi tipe
objek dalam game berikut karakteristik serta hubungan interaktifnya.
Bagian lain membahas
penerapan hukum fisika dalam dunia game dalam arti luas, misalkan kekuatan alam
yang dapat diterapkan dan bagaimana reaksi objek-objek dalam game. Ada
deskripsi lokasi secara lisan maupun dalam sketsa, skenario cerita, bisa
disebutkan diferensiasi perangkat pengguna. Dan sebaiknya ada daftar monster
(untuk RPG fantasi) atau daftar pasukan (untuk strategi). Singkatnya, dalam
struktur dokumen-dokumen ini seharusnya terdapat seluruh materi yang mencakup
seluruh aspek game. Baru berdasarkan design documents yang lengkap bisa ditulis
spesifikasi untuk rancangan engine atau modifikasi engine yang sudah ada, dan
rencana produksi. Bagian akhir dari design documents adalah catatan-catatan
desainer game, di mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan atau perubahan yang
dilakukan berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
Script
Dalam
pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi
yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer
prossesor. Skrip (script)
adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah,
tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam
bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa
pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk
mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan
sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang script,
disini ada sedikit rangkuman tentang script :
·
Script adalah bahasa yang digunakan
untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
·
Jenis script sangat menentukan statis,
dinamis, atau interaktifnya sebuah situs
·
Semakin banyak script yang
digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat
lebih bagus.
·
Bahasa dasar yang di pakai setiap
situs adalah HTM
·
Macam-macam script, PHP, ASP,
JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar