Pemodelan Grafis Untuk Game
Nama : Yandi Jahya
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan
Grafik(Softskill)
Dosen : Syefani Rahma Deski
1. GAME
Game merupakan sebuah permainan diamana
permainan tersebut dimainkan oleh 1 atau lebih orang ,game banyak mempunyai
ganre yang merupakn bagian dari permainan yang nantinya game apa yang membuat
kita lebih aktif untuk berfikir dan bagaimana cara memcahkan masalah yang ada
pada game tersebut.
Permainan video (bahasa Inggris: video game)
adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui
gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan
sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat
keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam
permainan.
Kata
“video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan
raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata
permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan
apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video
disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
·
ANIMASI
Animasi merupakan karakter yang
dibuat sedemikian rupa bentuknya yang di susun secara beraturan dan mempunyai
gerakan yang telah diseuaikan dengan kondisi dimana kita akan sesuaikan gerakan
tersebut dengan alur yang kita inginkan agar animasi ini dapat bergerak dan
karakter seperti apa yang akan kita buat dengan animasi ini.
·
Virtual
Reality
Virtual reality (VR) atau
realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan
suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu
lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
2. Pembuatan desain grafis pada game
Seiring perkembangan dunia game
dan teknologi grafis, maka berkembang teruslah model-model yang terus
diperkenalkan pada dunia game ini. Mulai dari game Dua Dimensi (2D) hingga game
Tiga Dimensi (3D), bahkan ada beberapa game yang sudah memakai teknologi
Augmented Reality atau Virtual Reality. Hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi
seluruh pembuatan game dari perusahaan-perusahaan pembuat game. Bahkan dari
vendor-vendor penyedia kartu grafis guna memfasilitasi dan mendukung agar
game-game yang keren seperti 3D dapat dan mampu berjalan pada komputer.
Dari sudut pandang Objek:
·
Objek
2 Dimensi
Dalam dunia komputerisasi grafik
komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang
kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi. Model grafik tersebut merupakan
kombinasi dari model geometri (grafik vektor) gambar digital (raster Graphics),
fungsi matematika, dan sebagainya.
Macam-macam objek 2 Dimensi:
Line, Circle, Arc, Polygon, Text,
Section, Rectangle, Ellips, Donut, Star, Helix
·
Objek
3 Dimensi
3D biasa disebut benda yang
memiliki panjang, lebar, tinggi. Grafil 3D merupakan teknik yang berpatokan
pada titik sumbu X (datar), sumbu Y (tegak), dan sumbu Z(miring). 3D, biasanya
digunakan dalam penanganan grafis. Secara umum 3D menunjuk pada kemampuan dari
sebuah video card. Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Dalam
grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data
geometri tiga dimensi. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke
dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah
objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah
objek, dan rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Macam-macam objek 3 Dimensi:
Cube, Sphare, Tube, Pyramid,
Plane, Oval,dll
Dari sudut pandang Grafik
Komputer:
·
Grafik
Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah objek
digital berbasis komputer, yang mengambil objek-objek dua dimensi. Model Grafik
2D adalah kumpulan model geometri/grafik vektor, gambar digital, fungsi
matematika, dan sebagainya. Model-model ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi
oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan
dilatasi. Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak
mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi,
seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun,
mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer), nyata, translusen, dan
transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya
didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
·
Grafik
Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan
dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang
menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D
apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan
gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase,
yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan
animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D
rendering yang memproduksi image dari objek tersebut. Grafik 3D adalah sebuah
gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang
menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
3. Pembuatan
karakter pada blender
Blender adalah program 3D dan
animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya
dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video
compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak
ada sifat royalti kepada developer, dan
dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan.
Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender
mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program
modeling 3D lainnya.
4. Pembuatan
lingkungan pada sebuah game
Untuk pembuatan lingkungan
caranya kurang lebih sama saja seperti membuat karakter, misalkan membuat kapal
bajak laut untuk tempat tinggal karakter di dalam game dll tergantung
kreatifitas.
5. PENJELASAN
PENGGABUNGAN KARAKTER dan ANIMASI MENJADI 3D dan 4D
Dalam sebuah game karakter itu
merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game itu sendiri. jadi
kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda sedikit dimana 3D itu
kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita akan merasakan game itu
seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu memiliki efek efek yang
lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang di hasilkan nantinya.
sumber :
http://rizkyrh675.blogspot.co.id/
http://murasakiyou.blogspot.co.id/2015/12/mengenal-pemodelan-grafis-pada-game.html
http://rezkyafifah.blogspot.co.id/2017/01/pemodelan-grafis-untuk-game.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar